FC BARCELONA

FC BARCELONA
mes que un club

Senin, 19 April 2010

Jaringan EvDO

karena ini masih dalam suasana pagi buta yang dingin maka saya ucapkan Bonjour...
bagi yang masih merem di atas kasur... buruan bangun, mandi terus berangkat sekolah ato kuliah ato kerja ato apalah... asal jangan berangkat tidur lagi... hehe..


Baiklah langsung saja, di postingan kali ini saya akan coba sedikit mengulas tentang EvDO, baiklah langsung aja ke menuju ke topik pembahasan.

EvDO (Evolution Data Optimized), istilah
resminya dikeluarkan oleh Assosiasi Industri Telekomunikasi yaitu CDMA2000, merupakan interface data berkecepatan tinggi pada media udara. EVDO satu dari dua macam standar utama wireless Generasi ke-3 atau 3G. EvDO saat ini mempunnyai beberapa standar revisi yang diamai secara alfabetikal, dimulai dari EvDO Rev O(zero), Rev A dan yang sedang dalam pengembangan adalah Rev B. Masing-masing standar ini punya kapasitas bandwidth transmisinya. Adapun standart yang lainnya adalah W-CDMA.


Cara Kerja Jaringan EvDO


EVDO bekerja mirip dengan cara kerja ponsel anda dalam hal itu bergantung pada sinyal dari menara nirkabel daripada koneksi fisik seperti saluran telepon atau kabel. Modem EVDO (sering disebut sebagai AirCard ) menerima sinyal dan memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet. Modem EVDO datang dalam beberapa format: dongle USB, ExpressCard, dan kartu PCMCIA dan anda dapat menggunakannya secara langsung di OS komputer anda dalam router 3G.


Secara teori EVDO mampu melewatkan 2.4 megabits per second. Tentu saja ini lebih cepat dari DSL dan broadband cable yang ada. Pada sebuah video conference di Amerika, yang digunakan oleh seseorang yang berada didalam kendaraan pada kecepatan 60 mil/jam (90 km/jam), sedangkan pada demo yang lain sebuah telepon dicoba dari sebuah bullet train yang bergerak melebihi 150 mil/jam. Kelebihan EvDO dibandingkan CDMA biasa, tentu lebih mengirit spektrum frekuensi dari regulator dan amat mahal pastinya, menurunkan biaya pengembangan dan memanfaatkan jaringan baru. di amerika EVDO dipakai oleh Alltel, Verizon dan Sprint, di Korea Juga digunakan yang menyediakan kecepatan khas 600-1400kbps download (dengan kecepatan sampai 2000 kbps) dan 500-800kbps upload benar-benar tanpa kabel. Saat artikel ini dibuat EVDO tidak terlalu berpengaruh di pasar Eropa dan Sebagian besar Asia, karena di Wilayah tersebut telah memilih 3G sebagai pilihan mereka. Namun Demikian di Indonesia telah ada beberapa operator yang memakai teknologi EVDO.


Tentu saja, seperti ponsel Anda, modem sendiri tidak menyediakan akses internet - Anda harus berlangganan ke layanan tersebut dari operator EVDO. Verizon dan Sprint kedua layanan menawarkan EVDO sebesar $ 59.99/mo dengan 5GB per bulan, dan kedua biaya kelebihan biaya untuk pemakaian melebihi 5GB. Bagi kebanyakan orang, 5GB adalah banyak data untuk surfing web, email, dan video YouTube sesekali. Untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan 5GB, membaca artikel ini.

Hasil survei membuktikan, EVDO Rev A memiliki data rate puncak 3.000 kbps, namun kecepatan rata-rata sekitar 600 - 1, 400Kbps Download dengan semburan ke 2.0Mbps dan 500 - 800Kbps Upload dengan semburan ke

1.8Mbps.

Berikut ini adalah speedtest du

nia nyata yang dilakukan menggunakan USB760 di jaringan Verizon di Dallas, Tx dengan sinyal sangat kuat :


speedtest.com




EvDO vs HSDPA


Sumber : komputek


Namun itu semua tergantung daya tangkap sinyal dan jaringan di tempt user berada. Sebab, cara kerja EvDO masih bergantung pada jaringan jangkauan BTS. Ada kalanya pada saat tertentu para user mengakses internet di tempat di mana tidak ada jaringan yang mendukung EvDO. Bila terjadi hal seperti ini, biasanya secara otomatis user akan dipindahkan ke standar mode 1X-RRT. Artinya, mereka tetap dapat melakukan akses internet tetapi menggunakan kemampuan 1X. Yakni dengan transfer data hanya 152 Kbps


Perbandingan EvDO dengan teknologi lainnya


EVDO Rev A : 600Kbps - 1400 Kbps Down (dengan semburan untuk 3.1Mbps), 500Kbps-

800Kbps Up (dengan semburan untuk 1.8Mbps).


EVDO Rev O :400 - 1000Kbps Down (dengan semburan menjadi 2,0 Mbps), 50 - 100kbpsUp

(dengan semburan ke 144Kbps).


1xRTT (Verizon Sprint & 2G, AKA "NationalAccess") :

50Kbps - 100kbps dengan semburan sampai 144kbps Down / Up


EDGE (AT & T 2G) : 50Kbps - 100kbps Down / Up

HSDPA (AT & T 3G) : 700-1700kbps Down; upload 500-1200kbps
DSL : Bervariasi berdasarkan pada operator. Rata-rata appoximately Down 1500Kbps;

128Kbps Up .
Cable :Bervariasi berdasarkan pada operator. Rata-rata appoximately 1000-5000Kbps

200-800Kbps Up


Satelit : 512Kbps - 1500Kbps Down; 128 - 256Kbps Up

Dial-Up : 56kbps Down/Up



itu tadi sedikit ulasan saya tentang jaringan EvDO, mudah mudahan bermanfaat bagi semuanya yang sudah bangun pagi... hehe...


Piss Love n Respect selalu..!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar